Home

  • Cara Menjaga Tubuh Tetap Sehat

    Setiap orang pasti ingin tubuhnya sehat setiap hari. Namun, agar tubuh bisa tetap sehat ada caranya.

    Dari 3 artikel yang saya baca, ada 3 cara yang tidak boleh ditinggalkan kalau kita ingin tubuh tetap sehat, yaitu menjaga pola makan sehat, olahraga teratur dan berfikir positif (jangan stress).

    1. Menjaga Pola Makan Sehat
    Pola makan yang sehat yaitu mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi seimbang sehingga bermanfaat bagi tubuh.

    Contoh pola makan sehat menurut realfood.co.id yaitu:

    • Membuat catatan konsumsi pangan
    • Jam makan yang teratur
    • Makan sesuai dengan pedoman gizi seimbang
      Pastikan makanan yang dikonsumsi terdiri dari protein, lemak, mineral, dan vitamin. Selain jenis gizinya, porsi makanan juga harus diperhatikan.
    • Minum 2 liter air putih / 8 gelas setiap hari

    2. Olahraga Teratur
    Olahraga yang baik adalah yang dilaksanakan secara rutin yaitu 30 menit setiap hari.

    3. Berfikir Positif (Jangan stress)
    Dengan selalu berfikir positif, maka beban hidup akan berkurang karena kita tidak memikirkan hal negatif yang membuat hidup semakin berat. Berfikir positif, maka tindakan akan menjadi positif. Berfikir positif akan menjadikan hubungan kita dengan orang lain akan lebih baik.

    Saya sendiri sedang berusaha untuk menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur setiap hari. Bismillah bisa!

    *) Gambar dibuat menggunakan Canva

  • 100 Dolar Pertama Penghasilan Sebagai Kreator Elemen Canva (Canva Kontributor)

    Saat awal daftar jadi Canva Contributor tahun 2021, hanya sekedar iseng karena daftarnya mudah banget, sekali klik langsung terdaftar di Canva (muncul menu hub kontributor di akun Canva kita, sekarang menunya bernama kreator elemen).

    Elemen pertama yang disetujui Canva adalah elemen line art yang dibuat oleh anak pertama saya (kelas 4 SD saat itu) menggunakan aplikasi Ibis Paint X. Butuh waktu sekitar 2 bulanan (kalau tidak salah) sampai disetujui Canva. Setelah itu, alhamdulilah proses review elemen oleh Canva lebih cepat, bahkan hanya dalam hitungan jam sudah muncul notifikasi, disetujui atau ditolak. Tidak semua elemen yang saya kirim ke Canva disetujui. Banyak juga yang ditolak oleh Canva.

    Sampai saat ini sudah ada 39 elemen yang disetujui Canva. Teman-teman dengan mudah bisa menemukan elemen saya di Canva dengan cukup mengetikan @euismarlina pada kolom pencarian elemen, maka semua semua elemen saya akan tampil.

    Pada tiga bulan terakhir ini, alhamdulilah rutin dapat transferan dari Canva, royalti dari elemen saya yang terjual maupun yang digunakan oleh pengguna Canva Pro lainnya.

    Dan ketika saya cek bulan ini, ternyata total penghasilan saya sudah mencapai 100 dolar lebih dari Canva. Alhamdulillah 🀲 😍

    Sumber rezeki itu ternyata banyak yah kalau kita terus menguliknya.

  • Buku Tips Desain Canva

    Buku Tips Desain Canva merupakan buku antologi Canva pertama yang ditulis oleh saya, Euis Marlina dan 31 penulis lainnya yang merupakan alumni dari kelas Canva ABCD.

    Proses penulisan buku antologi Canva ini dimulai sejak April 2022, lalu 27 Juni 2022 terakhir setor tulisan ke editor, dan 30 September 2022 launching open pre order di Tokopedia IndScript.

    Semoga buku Tips Desain Canva ini bermanfaat dan menambah inspirasi dalam membuat desain di Canva karena ada 32 tips dalam buku ini yang bisa dicoba dan dieksplor.

    Daftar isi bagian 1
    Daftar isi bagian 2

    Inilah beberapa foto buku dengan penulis.

    Retha Riany
    Euis Marlina & Cecilia Indrawati
    Haryati Respati

    Itulah spesialnya kelas Canva ABCD, tidak sekedar melahirkan para desainer Canva, tapi juga menjadikan mereka sebagai penulis. Sebentar lagi akan launching buku antologi Canva kedua kami dengan judul Dapat Uang dari Canva.

  • Dua Cara Langganan Canva Pro

    Ada dua cara langganan Canva Pro yaitu via web browser dan via aplikasi Canva di smartphone.

    1. Langganan Canva Pro via Web Browser

    Berikut ini harga langganan Canva Pro via web browser.

    Anda bisa menggunakan metode pembayaran menggunakan kartu ATM BCA Gold, kartu debit bank Jago, kartu debit Jenius atau kartu kredit VISA/MasterCard.

    Cara Langganan Canva Pro via web browser, yaitu:

    1. Klik link di bawah ini.

    https://partner.canva.com/abcdmedia

    2. Ikuti video tutorial cara mengisi form langganannya berikut ini. https://vt.tiktok.com/ZS888GAeL/

    2. Langganan Canva Pro via Aplikasi Canva di Smartphone

    Harga langganan Canva Pro via aplikasi Canva di Smartphone adalah 75ribu per bulan atau 499ribu per tahun (belum termasuk pajak dan biaya admin).

    Metode pembayaran yang bisa digunakan adalah saldo google play, pulsa (Telkomsel/XL/Indosat), Gopay, ShoppePay, Dana dan lainnya.

    Cara langganan Canva Pro via aplikasi Canva di smartphone, yaitu:

    1. Klik Menu di pojok kanan bawah pada tampilan pertama Canva, lalu klik tombol Dapatkan Canva Pro

    2. Simak video tutorialnya berikut ini.

    Itulah dua cara langganan Canva Pro yang resmi dan legal. Jangan tergiur dengan harga langganan Canva Pro yang murah atau bahkan lifetime, karena tidak ada langganan Canva Pro yang lifetime. Jika ada yang menawarkan langganan Canva Pro jauh lebih murah dari harga di atas atau lifetime, itu sudah jelas ilegal.

    Saya sudah sering dapat cerita yang tertipu menggunakan Canva Pro ilegal. Mereka kehilangan semua desainnya, atau baru beberapa bulan Canva Pro nya tidak berfungsi lagi.

    Jika serius mau menggunakan Canva Pro, maka lakukan salah satu dari cara di atas.

  • Fitur Penghapus Latar Belakang Video di Canva

    Pagi ini saya excited banget karena ternyata fitur Canva yang kita tunggu telah hadir.

    Apakah itu?
    Yaitu fitur penghapus latar belakang untuk video 😍

    Tapi ingat, fitur penghapus latar belakang untuk video ini hanya ada bagi pengguna Canva Pro.

    Jadi pastikan teman-teman langganan Canva Pro secara resmi di sini πŸ‘‡ https://partner.canva.com/abcdmedia


    Ini akan menjadi salah satu materi di kelas Canva ABCD Pro Batch 19 yang akan buka pendaftaran sebentar lagi 😍

  • Kolaborasi Dengan Agdia Toys

    Teh Indari Mastuti selalu mengajarkan untuk melakukan kolaborasi dengan siapapun. Kolaborasi merupakan salah satu cara untuk membangun networking.

    Saya dikontak Mba Diana Susanti, pemilik Agdia Toys (produsen mainan edukasi yang terbuat dari kayu yang berlokasi di Klaten) beberapa waktu lalu.

    Mba Diana Susanti ini kebetulan juga alumni Indscript, pernah ikut kelas Private nya Teh Indari Mastuti. Saya jadi kenal dengan Mba Diana karena Mba Diana daftar kelas Private tersebut melalui tim marketer saya yaitu Mba Evelin.

    Saya pun pernah ketemu sekali dengan Mba Diana di tahun 2020.

    Beberapa waktu lalu Mba Diana ngajak saya kolaborasi.

    Saya bilang iya, tapi saya bingung bentuk kolaborasinya seperti apa.

    Akhirnya tadi malam saya baru punya ide bahwa saya akan kolaborasi dengan Mba Diana dimana saya akan menjadi mentor desain bagi semua tim pemasaran Agdia Toys.

    Dan pagi ini saya langsung wapri dengan Mba Diana menyampaikan hal ini.

    Mba Diana mengajak ketemuan karena akan membahas beberapa project baru Agdia, katanya.

    Lalu saya ajak ketemuan aja di acara KOPDAR IIDB Yogya besok Minggu.

    Lalu Mba Diana bilang, akan bagi-bagi mainan gratis bagi peserta kopdar yang hadir 😍

    Masya Allah. Alhamdulillah 🀲

    Saya tahu perjuangan Mba Diana dalam membangun bisnis mainan edukasinya, hingga bisa tembus pasar Eropa.

    Bagi teman-teman yang mungkin belum tahu produk Agdia Toys, bisa simak di sini:


    https://agdiaindonesia.com/

    Saya kagum dengan kreativitas Mba Diana dalam menciptakan produk edukasi dari kayu hingga ratusan model.

    Kita dukung karya anak bangsa πŸ’ͺ😍

  • PENCARIAN VALUE DIRI (Part 3)

    Setelah diajak ngajar bareng oleh Mba Widyanti Yuliandari di kelas Canva for Blogger, saya tidak serta merta kepikiran buat kelas Canva sendiri. Saya terus mengasah kemampuan membuat desain di Canva secara otodidak. Saat itu saya belum kepikiran belajar dari video tutorial Canva yang ada di Youtube.

    Saya bersyukur karena mempunyai konten yang cukup untuk bahan membuat desain. Jadi tidak pernah bingung mau membuat desain apa. Saya buat konten berdasarkan produk dan kelas Indscript juga informasi penting yang ada di Indscript.

    Saya share semua desain flyer produk dan kelas Indscript di grup-grup milik IndScript maupun di grup alumni kelas Indscript, salah satunya grup alumni kelas Reparasi Bisnis.

    Pada Februari 2019, salah satu teman di grup alumni kelas Reparasi Bisnis wapri, meminta saya membuatkan desain flyer untuk produknya yang berupa buku bahasa Arab. Saya langsung menyanggupi. Saya pun tidak memberikan tarif, karena saya tidak tahu juga berapa biasanya. Saya pun merasa belum profesional, masih dalam tahap belajar.

    Saya langsung diminta membuat 3 flyer produk. Bahagia sekali, karena 3 desain flyer saya langsung di ACC. Saya pun dibayar 150ribu. Alhamdulillah.

    Teman alumni dari kelas Reparasi Bisnis ini, selanjutnya beberapa kali repeat order desain. Sejak saat itu, saya mulai meniatkan bahwa jasa desain flyer ini menjadi salah satu sumber penghasilan saya.

    Orderan jasa desain flyer pun mulai berdatangan. Salah satunya dari bunda Erwina Ali yang beberapa kali juga meminta saya membuatkan flyer untuk kegiatannya.

    Bersambung

  • PENCARIAN VALUE DIRI (Part 2)

    Dari kelas Canva gratis yang saya adakan pada bulan Agustus 2018, saya jadi mengenal orang-orang baru yang umumnya mereka pebisnis online (emakpreneur). Ada yang sudah jadi distributor, agen bahkan ada owner sebuah bisnis juga. Artinya dari kelas Canva gratis tersebut network saya bertambah.

    Hampir semua materi desain yang saya ajarkan di kelas Canva gratis, kontennya adalah tentang produk dan kelas Indscript. Sehingga peserta kelas pun jadi kenal produk dan kelasnya Indscript. Saya pun jadi closing kelas Indscript dari sana.

    Saya makin konsisten melatih diri membuat desain di Canva dengan membuat desain flyer produk dan kelas Indscript. Saya share desain saya di grup-grup alumni kelas Indscript juga di kolamnya Indscript.

    Pada November 2018, saya diminta membuat desain spanduk oleh pimpinan untuk salah satu acara di kantor saya. Saya pun membuatnya di Canva dengan ukuran sesuai dengan yang diminta oleh pimpinan. Alhamdulillah, hasil desain saya bisa dicetak dan bagus. Sejak saat itu saya makin suka Canva karena bisa membuat desain dengan ukuran custom (khusus) sesuai kebutuhan kita dan juga bisa dicetak.

    Spanduk yang dipasang di atas merupakan spanduk pertama yang saya buat di Canva dengan ukuran khusus

    Pada Desember 2018 saya diajak Mba Widyanti Yuliandari, seorang blogger aktif (sekarang jadi ketua IIDN) mengajar bareng di kelas Canva for Blogger. Inilah awal saya menjadi mentor.

    Bersambung

  • PENCARIAN VALUE DIRI (Part 1)

    Ketika saya menjadi leader IndScript, Teh Indari Mastuti selalu memotivasi kami agar terus menggali value diri masing-masing yang membedakan dengan orang lain.

    Itulah salah satu yang terus menjadi perenungan saya, apa yang membuat saya berbeda dengan leader IndScript lainnya?

    ————-
    Mengenal Canva tahun 2015 dari leader MLM saya. Saat itu, saya menyangka bahwa Canva hanya menyediakan template, tidak bisa membuat desain dari nol. Saya pun hanya membuat desain berdasarkan template yang ada.

    Tahun 2018, saat terus dimotivasi oleh Teh Indari untuk menemukan value diri, saya kembali ingat Canva. Saya mulai buka kembali Canva dan mulai lebih banyak mengeplorasi fitur-fitur Canva.

    Agustus 2018, sebagai rasa syukur sudah 10 tahun mengabdi sebagai ASN, saya memberanikan diri membuka kelas Canva Gratis khusus perempuan di grup WhatsApp. Dan diluar dugaan, pesertanya membludak hingga 500 orang. Padahal awalnya saya hanya membuka untuk 50 orang.

    Ilmu Canva saya yang masih secuil, saya bagikan kepada teman-teman di grup. Saat itu saya buka kelas Canva gratis selama seminggu. Kelas pun selesai. Namun, peserta kelas Canva gratis pertama saya ini meminta saya untuk membuat grup Facebook agar materi di-posting juga di grup Facebook. Katanya agar materi di kelas Canva gratis tersebut bisa dipelajari lagi suatu saat nanti setelah grup WhatsApp bubar.

    Saya pun mengikuti usulan peserta. Dan grup Facebook itu, kini bernama grup Asyiknya Belajar Canva yang membernya sudah 16ribuan. Masya Allah. Alhamdulillah.

    Bersambung

  • Cara Langganan Canva Pro Menggunakan Kartu ATM BCA

    Kini langganan Canva Pro semakin mudah. Jika sebelumnya pembayaran langganan Canva Pro harus menggunakan kartu kredit, lalu menggunakan kartu Jenius dan Bank Jago, maka sekarang bisa menggunakan kartu ATM BCA.

    Saya mendapatkan informasi ini via email pada tanggal 17 Juni 2022, karena saya merupakan salah satu mitra afiliasi Canva Pro (Canva Affiliate).

    Cuplikan email pemberitahuan dari Canva Indonesia

    Pembayaran Canva Pro dengan ATM Debit BCA (Paspor BCA).

    Kartu ATM BCA pada tabungan Tahapan BCA yang dikenal dengan nama Paspor BCA bisa digunakan sebagai alat pembayaran Canva Pro.

    Caranya harus dengan mengaktifkan fitur Transaksi Debit Online pada Mobile BCA.

    Untuk mengaktifkan fitur “Transaksi Debit Online”, m-BCA harus sudah aktif.

    Buka aplikasi mobile BCA > pilih m-BCA > pilih tab “akun saya” > pilih gambar “kontrol” > klik “Transaksi Debit Online” menjadi On.

    Fasilitas ini tidak otomatis On bila tidak diaktifkan oleh pemilik akun m-BCA.

    Lalu bagaimana cara langganan Canva Pro menggunakan kartu ATM BCA?

    1. Klik link canva affiliate: https://partner.canva.com/abcdmedia

    2. Klik tombol ungu Mulai uji coba Pro gratis Anda

    3. Pilih dulu mau langganan bulanan atau tahunan. Jika Anda belum pernah melakukan uji coba Canva Pro sebelumnya, maka pada bulan pertama akan mendapatkan akses Canva Pro gratis, artinya baru dikenakan tagihan (memotong langsung dari rekening) pada bulan kedua. Namun, jika sebelumnya sudah pernah uji coba Canva Pro, maka akan langsung kena tagihan (memotong rekening Anda).

    4. Isi form yang berisi nomor kartu ATM, tanggal expire kartu ATM dan nomor CVC.

    Demikian, selamat mencoba!

Canva Affiliate

Untuk merasakan asyiknya menggunakan Canva Pro selama 30 hari GRATIS, silahkan klik Di sini!